Mau Kirim Frozen Food? Simak 5 Tips Ini Supaya Aman Sampai Tujuan!

Tiketux Kuy Team 24 Feb 2023, 17:27
SHARE

Bisnis makanan khususnya frozen food atau makanan beku semakin berkembang saat ini. Karena penyajiannya yang praktis, frozen food sering dijadikan alternatif sebagai sajian menu makanan di rumah. Selain itu, frozen food juga bisa tahan lama jika disimpan di suhu yang dingin (di dalam freezer).

Bagi kamu yang punya bisnis frozen food, salah satu hal yang perlu diperhatikan saat kirim makanan beku ini adalah cara pengemasan dan pengirimannya. Berbeda dengan makanan kering pada umunya, frozen food cukup rentan karena tidak bisa terpapar suhu panas dalam waktu lama.

Tips Kirim Frozen Food Aman Sampai Tujuan

Makanya, supaya frozen food bisa sampai di tangan konsumen dalam kondisi yang aman dan segar, kamu harus memperhatikan proses packing dan pengirimannya. Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu simak untuk kirim paket frozen food:

1. Pilih Kemasan Kedap Udara

Supaya frozen food tetap terjaga kualitasnya, pastikan kamu pilih kemasan yang tepat yaitu kemasan yang tertutup rapat dan kedap udara. Dengan kemasan seperti ini, makanan bisa lebih aman dan tahan lama.

Jenis kemasan atau plastik yang digunakan untuk frozen food biasanya adalah plastik nylon atau plastik vacuum. Plastik ini hampa udara dan tidak mudah rusak karena bahannya tebal dan memiliki elastisitas tinggi.

2. Lapisi Kemasan dengan Bubble Wrap

Lapisan bubble wrap di paket (Gambar dari drawingpook437224 - vecteezy.com)

Setelah dikemas ke dalam wadah plastik, selanjutnya frozen food mulai dipacking. Sama seperti makanan lain, frozen food bisa dilapisi menggunakan bubble wrap. Gelembung udara pada bubble wrap akan melindungi makanan dari guncangan saat di perjalanan sehingga aman dan tidak ada kerusakan sampai tujuan.

3. Pastikan Packing Kokoh

Selalu pastikan bahwa kemasan sudah aman dan dipacking dengan kokoh. Ini bertujuan untuk menjaga paket tetap utuh terjaga sampai ke tangan pembeli. Jika perlu setelah dibungkus menggunakan bubble wrap, masukkan ke dalam kotak / kardus tanpa menyisakan ruang agar keamanannya lebih ekstra.

4. Beri Label Pada Kemasan

Selanjutnya, untuk tips packing frozen food berikut ini bisa kamu lakukan sendiri ataupun langsung diserahkan kepada pihak layanan pengiriman. Supaya frozen food terjaga kualitasnya, berilah label yang menunjukkan bahwa makanan tersebut harus tetap disimpan di suhu dingin.

5. Pilih Jasa Kirim yang Terpercaya

Terakhir dan yang paling penting adalah memilih jasa pengiriman yang tepat. Untuk kamu yang mau kirim frozen food atau makanan lainnya dengan kurir sehari sampai, percayakan pengirimannya pada Tiketux Kuy. Kamu gak perlu khawatir makanan rusak atau basi, karena pengiriman Tiketux Kuy dilengkapi dengan penanganan khusus untuk makanan dan frozen food.

Penanganan khusus dari Tiketux Kuy dilakukan dengan memberikan fasilitas pendingin di setiap proses pengiriman. Berikut fasilitas pendingin yang ada di Tiketux Kuy:

Freezer / Chiller (Saat Transit)

Freezer di Hub Tiketux KuyFasilitas Freezer di Tempat Transit (Gambar dari Mile Atanasov - shutterstock.com)

Tiketux Kuy memfasilitasi freezer atau chiller di titik pusat. Sehingga saat paketmu masuk proses transit, makanan beku akan disimpan di freezer / chiller supaya tetap berada di suhu dingin dan terjaga kualitasnya.

Cool Bag & Ice Pack (Di Perjalanan)

Fasilitas cooler bag dan ice pack untuk di perjalanan (Gambar dari Kudou - gettyimages.com & Pichest - gettyimages.com)

Saat proses pengiriman oleh kurir, frozen food akan disimpan dalam cool bag atau dilengkapi dengan ice pack yang bisa membuat makanan tetap berada di suhu dingin selama perjalanan. Dengan fasilitas pendingin ini, frozen food yang kamu kirim akan aman hingga sampai ke pembeli.

Nah, itu dia 5 tips untuk kirim frozen food supaya aman sampai tujuan. Saat mengirim frozen food, daya tahan produk memang harus diperhatikan. Oleh karena itu pastikan cara packingnya benar dan yang terpenting gunakanlah layanan pengiriman yang terpercaya seperti Tiketux Kuy.

Tiketux Kuy memiliki fasilitas pendingin dan pengiriman cepat untuk kirim produk makanan. Reservasi pengiriman disini atau download Aplikasi Tiketux Kuy untuk kirim makanan dan barang se Bandung Raya. Login sekarang dan dapatkan berbagai promo menarik!


Artikel Lainnya

Review Produk UMKM: Pempek Bang Rich Asli Palembang, Lembut, Lezat, Sehat!

Rekomendasi Jasa Pengiriman Frozen Food di Bandung dengan Penanganan Khusus

Ini Perbedaan Reseller dan Dropship, Pebisnis Online Wajib Tau!

Informasi Kontak

Reservasi Pengiriman

0818-0400-4058

Ikuti Sosial Media Kami

Aplikasi Seluler Kami

Download aplikasi Tiketux Kuy yang tersedia di seluruh perangkat Android